28 Januari 2009

MIMPI ATAU CITA-CITA?

Beberapa waktu lalu na diajak ke tempat karaoke oleh temen kuliah na. Awalnya sempat menolak. Maklum na g biasa ketempat seperti itu, apalagi tempat karaoke yang mendengarnya saja ada "energi negatif" menurut na. Tidak hanya karena alasan itu juga sih, waktu itu na seperti orang yang tak ingin hidup. Nilai-nilai yang ancur membuat na benar-benar terpuruk (na udah crita di posting sblmnya). Tiga hari na ga keluar dari kamar. Kecuali untuk kekamar mandi. Makan juga hanya mengandalkan mie gelas yang na beli awal bulan. Kamar seperti kapal pecah atau lebih tepat bisa dibilang seperti tong sampah. Ketika temen na itu datang ke koz, dia menganga.

"Gila!. Ini kamar atau TPS (tempat pembuangan sampah)?.Buat jalan aj g ada tempat, apalagi buat duduk. Yang punya kamar udah mati ya?."

"Iya,,,udah mati. Dua hari lalu."

"Dasar cowok!. Mbok yo dirapiin no...Aku sampe ga bisa duduk ne." Namanya novry. Cantik, asal palembang. 

"Ya ampun na....itu gelas kotor banyak banget. Ditaruh luar kek. Jendela kamarmu ga pernah dibuka berapa hari seh?. Pengap banget. Trs ini lagi...Handuk tuh digantung. Kalo ditaruh di lantai gini bisa kotor." Dy sibuk menyingkirkan barang-barang 'ga penting' sesuai omelannya.

"Kalo kamu kesini cuma buat ngomelin na....lebih baik kamu sekarang keluar, tutup lagi pintu kamar na dari luar." Na ngomong smbl trs nge-klik ga jelas di laptop.

"Heh!. Kamu kenapa seh?."

"Seperti yang kamu bilang. Udah mati!."

"Trs skrg aku ngomong sama siapa dunx?."

"Mayat kali." Na menjawab cuek.

"Na, aku serius!" Jadilah na cerita.

"Bukan hanya kamu na. Banyak temen lain ngerasain sama. Aku juga. Kamu kira nilaiku bagus?. Ayolah....jangan kayak gini. Masih ada waktu kan buat memperbaiki nilai."

"Nilaimu mungkin ga seburuk na vry. Na bener2 ancur!. Gila ya dosen arsitek. Semua tugas kita kayaknya ga dihargai. Tau gini lebih baik masa bodo sama tugas. Capek begadang. Ujung2nya jelek. Na ga tw deh gmna cara ngomongnya sama ayah. Na ga tega vry. Ayah  sama ibu na pasti kecewa."

"Lebih kecewa lagi kalo mereka liat kamu kayak gini. Ayo bangun, mandi dan siap-siap. Kita refreshing. Cepetan. GPL!. 10 menit harus siap."

"Mau kemana seh vry?. Na ga mood!. Mau dikos aja."

"Pokoknya aku ga mau tau. Sekarang mandi. Kamu tuh udah kayak mayat hidup tw ga."

"Bodo!" Na tetep aj ga beranjak. Bener-bener males. Ga semangat. Aha!. Na nemuin alasan yang tepat biar ga dipaksa pergi.

"Vry,na mau dikoz aj. Rapiin kamar." Na lgsg sok sibuk rapiin ini itu.

"Udah, ga usah cari alasan. Mandi!." 

Tidaaaaaaakkk!!. Ini pemaksaan temand!. Tapi ya sudahlah...Lebih baik mengalah. Toh ntar kalo ga suka na tinggal minta pulang. Akhirnya na siap2. Pas udah di motor na nanya mau jalan kemana. Novry bilang mau karaokean. OH no!. Novry cuma bilang,"Liat aja nanti. Tempatnya kayak yang kamu bilang ato ga".

"Lho?. Kok ke mall?" 

"Ga gaul. Makanya jangan mati mulu!."

"Asem!. Bodo!." Iiiihh,,,kesel deh. Akhirnya na ikutin aja dy jalan.

Ambarukmo Plaza. Mall terbesar di Jogja. Kita naik ke lantai 3. Masuk ke tempat yang disitu ada 5 box berukuran sekitar 200x 250 cm. Na ketawa dalam hati. Ga gaul banget sih na. Hahaha...Na kira tempat karaoke itu kayak yang di TV. Penuh alkohol dan asap rokok. Na sangat ga suka itu.Tapi emang na ga pernah mau pergi ke tempat2 ga penting gini. Buat apa?. Mau nyanyi tinggal teriak2 aja di koz. Ga akan ada yang protes karena anak2 koz udah tau kalo na sedikit......gila!. Novry sibuk milih lagu. Na juga disurh milih sendiri lagu yang na suka. Tapi ga ah, males. Na ga mau. Masih kebawa sedih n kesel soal nilai. Ya ampun na....segitunya.....

6 lagu dipilih. Kita masuk ke dalam salah satu box. Novry siap2 karaokean. Dia bilang na harus ikut nyanyi. Teriak aja. Biar keselnya ilang. Tapi na lebih milih buat jadi penonton aj sambil ngeliatin klip n lirik di monitor. Klipnya bagus....Pantai, orang2 berselancar dan pemandangan alam. Lanjut ke lagu kedua, bola mata na melebar. Na ternganga. Gila!. Arsitektur dunia. Keren!. Bangunan-bangunan bernilai seni tinggi dari berbagai negara di belahan dunia. Amerika, Eropa....Sungguh!. Na terlena. Rasanya na ga hanya melihat di video klip seperti ini. Tapi ikut berada di samping bangunan-bangunan itu. Mengamati setiap jengkal keindahannya.

Naluri pemimpi na bangkit. Membayangkan keliling dunia untuk melakukan jelajah arsitektur.

Na mw ke Paris, Perancis. Mngunjungi menara dengan struktur besi, Eiffel.
Mempelajari gaya arsitektur Art Nouveau.

dari situ na mau Italy. Mempelajari setiap detail Basilica San Marco di Venice, Italy. 

Vatican architecture, Rome, Italy dengan pilar2nya yang menjulang.

menara pisa yang katanya bukan menara termiring lagi karena rehab menggunakan high tech untuk pondasinya.

trus lanjut ke Jepang. Ngeliat Landmark Tower di Yokohama yang katanya tertinggi di Jepang.

hm....kyknya ke Dubai juga deh...itu kan surga bangunan tinggi dunia...

ada Burj Dubai yang katanya pembangunannya akan selesai tahun ini. Gedung tertinggi di dunia saat ini.

terus melihat proses pembangunan apartmen megah yang dibangun di pinggir pantai, Strata tower.

sambil menikmati permainan cahaya  n lompatan air dari air mancur yang fenomenal seperti ini,

mencoba berfikir untuk struktur yang digunakan oleh The Dynamic Tower sehingga na bisa tau kenapa seh apartmen mewah ini bisa berputar untuk mendapatkan view yang berbeda setiap waktunya...

hmmm...betapa indahnya hidup jika na bisa mengunjungi semua karya arsitek dunia itu. Berkhayal seperti ini membuat na kembali semangat kuliah. Tak lelah mencari ilmu dan belajar. Lupakan nilai buruk dan bangkit untuk berusaha lebih maju. Gimana na bisa berkarya seperti ini kalau hanya na memikirkan nilai2 jelek itu?

Temen na di jurusan lain bilang, "Dasar pemimpi. Bangun woy!!".

Na akan jawab begini,"Arsitek itu memang pemimpi. Gedung2 itu lahir karena mimpi mereka yang sebelumnya hanya berupa desain yang dicoret2 pada selembar kertas. Pada akhirnya mimpi itu  terwujud. Coretan itu dibangun, menjadi gedung mewah dan megah. Kalau tidak diawali mimpi, mana bisa arsitek berkarya?".

Dan mereka hanya diam.

Rasanya tak ingin meninggalkan box tempat karaoke ini. Yah....mungkin saat ini cuma bisa bermimpi...Tapi lain kali na harus bisa mewujudkannya. Tentunya dengan ridho Allah...Amiiiinnn....

Keluar dari tempat karaoke Novry bilang gini,"Terpesona sama video klipnya?"

"Sangat!. Kamu mau kan nemenin na datang ketempat2 itu untuk mencari inspirasi?. Ya inspirasimu juga."

Novry tertawa."Kalau aku ingin sekalian cari jodoh!"

"Dasar pemimpi!" Kali ini na yang tertawa ngakak.

"Ketularan kamu!" Kita pun balik setelah jalan2 n makan....

4 Komentar:

Blogger NEW TOGATEX mengatakan...

dilema kata sakit dan sikat:sakit yang mana anggota tubuh kita terserang virus pasti akan sakit dan tentu kita pergi untuk berobat yang menyikat(sikat)isi kantong kita....dan kalo ruangan atau kediaman kita yang banyak virus pasti kita sikat kalau tidak kita akan dapat penyakit(sakit)

29 Januari 2009 03.22  
OpenID salingmemiliki mengatakan...

hmmmmmmmmm
masa iya gara2 nilai nina segitunya
klo nilai ancur,,, musti semangat lgi donk nha
ini nilai nina dah ancur, trus mo sakit pila nnti klo kek gini

makin parah lah jadinya nha
manusia cuma bisa berusaha, berikhtiar dan berdo'a nha. yang nentuin semuanya tuh Tuhan YME nha.

29 Januari 2009 07.57  
Blogger wayuk mengatakan...

aha.....

ini baru nina ( seperti yg ku kenal lewat tulisan2 sebelumnya )...
selalu ada energi baru untuk sebuah mimpi.

memang kita punya mimpi yg berbeda, tapi aku yakin, kita sama untuk yang satu ini,,,,
selalu punya ledakan energi baru setiap kali mendapat inspirasi untuk mengejar mimpi yg gak jelas itu ( tapi yang penting, kita yakin dengan mimpi itu kan? )

terusin karaokenya buk, asal jangan keterusan sampai bablas aja.

29 Januari 2009 13.48  
Blogger wayuk mengatakan...

soal mimpi
mimpi yg abng punya sederhana aja,
mo nyoba "rosul life style" tanpa ketinggalan ilmu dan teknologi.

simple kan?

30 Januari 2009 00.32  

Posting Komentar

ape kate klien....

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda